Tuesday, May 8, 2012

Membuat Menu Catagory di Blogspot


Sebelum kita mulai  saya akan mencoba menerangkan apa sih Catagory itu?? dan Apa yang dimaksud  dengan menu catagory??


Catagory yaitu suatu kata kunci yang berisi sekumpulan page-page, Nah fungsi catagory sendiri yaitu untuk menggolongkan page-page yang memiliki tema yang sama.
Menu Catagory yaitu Menu yang berisikan nama-nama Catagory, fungsi Dari Menu Catagory sendiri yaitu untuk memudahkan pembaca dalam pencarian page

Nah untuk pembuatan Menu Catagory di Blogspot tidak seperti wordpress yang rata-rata template-nya sudah mendukung penempatan kategori di menu sehingga kalau diklik bakal dibawa ke halaman yang hanya berisi kategori tertentu (bahkan bisa parent kategori), pengguna blogspot tidak punya itu. Di blogspot tidak ada kategori, yang ada cuma 'label' atau 'tag' yang bisa juga digunakan untuk mengelompokan postingan-postingan yang satu kategori.

Nah, lalu gimana kalau pengguna blogspot mau bikin satu halaman dinamis yang berisi kategori tertentu dan muncul di menu seperti di wordpress? karena blogspot cuma menyediakan fasilitas untuk menambahkan halaman statis. Sebenarnya caranya sangat sederhana, baik saya akan mencoba menjelaskan , pertama anda bikin dulu tampilan menu seperti disini


Nah bila tampilan menunya sudah di buat yang perlu kita lakukan yaitu membuat link menu tersebut dengan label di blogspot yang akan kita buat

Langsung aja berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama kita menuju ke laman kemudian pilih laman baru  dan klik laman kosong. Nah disitu kita bisa menuliskan postingan dan judul postingan, kemudian di sebelah kanan pada setelan entry pilih label dan tuliskan nama label yang akan menjadi katagori dari postingan yang anda buat.


kira-kira seperti inilah tampilannya:




2. Setelah membuat label alias catagory kemudian yang perlu kita lakukan adalah menghubungkan Menu yang telah kita buat dengan label atau catagory, caranya sebagai berikut:
buka hasil postingan kita tadi di blogspot,kemudian copy urlnya , Nah.. didalam url tersebut terdapat nama label /catagory dari postingan kita..seperti dibawah ini.




kemudian kita menuju ke tata letak dan buka menu yang telah kita buat dengan klik edit. kemudian kita pasang url yang telah kita copy tadi kedalam menu.

 


nah jangan lupa klik simpan.

jadi dah menu dengan catagory di blogspot ..gampang kan??

selamat mencoba ...

1 comments:

sip gan, info yang membantu

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites