Wednesday, October 17, 2012

Cara install file .Bin di Ubuntu Linux


Cara install file .Bin di Ubuntu Linux

Ubuntu adalah salah satu distro linux terpopuler yang user-friendly. Distro Ubuntu berbasis Debian adan tidak dapat menjalankan file .BIN. Untuk menginstal aplikasi berekstensi .BIN di Ubuntu perlu menggunakan Terminal dengan kode instruksi yang spesifik. Kode tersebut akan merubah file .Bin sehingga Ubuntu memahami bagaimana menjalankanannya. Mengapaa hal ini menjadi penting? Yah karena tidak semua software yang diditribusikan untuk linux berbentuk file debian. Satu contoh, situs www.wi-free.com yang menjual jasa virtual private network memberikan aplikasinya berbentuk .bin, dan tentu saja masih ada banyak yang lain. Nah, jika anda membutuhkannya berjalan di ubuntu anda, maka langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download file aplikasi berekstensi .bin ke dalam hardisk. Setelah berhasil, jangan lupa ccopy dan paste ke Desktop

2. Buka terminal. Terminal dapat diakses di menu aplikasi di layar atas dengan mengklik “accessoris” lalu “Terminal”

3. Ketik “cd ~/Desktop” di terminal (tanpa tanda petik), lalu tekan “Enter” di keyboard. Di terminal sekarang seharusnya terbaca “computer@name:~$ Desktop.”

4. Ketik “LS” diterminal (tanpa tanda petik), lalu tekan “enter” di keyboard. Nama dari file .bin sekarang tertera diterminal.

5. Ketik “ sudo chmod +x filename.bin” ( tanpa tanda petik). Ganti file.bin dengan nama file yang akan anda install. Contoh, jika anda ingin menginstall RealPlayer.bin, ketik “ sudo chmod +x RealPlayer.bin. File .Bin sekarang telah berubah menjadi aplikasi yang dapat diinstalll ubuntu.

6. Ketik “./filename.bin” (tanpa tanda petik) ganti filename.bin dengan nama file yang akan anda instal. Tekan “Enter”. Hal ini akan memulai instalasi file .bin. Ikuti terus petunjuk penginstalan yang muncul di Terminal. Ketika file telah terinstal, kode yang ada di terminal akan memberitahu bahwa instalasi telah rampung. Setelah itu, tutup Terminal.

4 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites